Pancor – (FKIP) Ratusan lulusan memadati Auditorium Sitti Rauhun Universitas Hamzanwadi dalam acara Yudisium Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Teknik, Sabtu (21/10) kemarin.

Yudisium kali ini meluluskan total 523 mahasiswa dengan 511 di antaranya berasal dari FKIP. Dalam salinan Keputusan Dekan FKIP Nomor 151/UH.FKIP/Kpt./2017 yang dibacakan oleh Kepala Biro Akademik Universitas Hamzanwadi, Tarpin Juandi, M.Pd. dan dibantu oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr. Syukrul Hamdi, M.Pd. ini disebutkan bahwa 23 orang lulusan FKIP kali ini mendapat predikat Cum Laude. Sementara itu, lulusan tertinggi diperoleh mahasiswa Muhip Abdul Majid dari Program Studi Pendidikan Ekonomi dengan IPK 3,76.

Mengawali sambutannya, Wakil Rektor I, Dr. H. Khirjan Nahdi, M.Hum. mengucapkan selamat kepada lulusan sebagai sarjana baru Universitas Hamzanwadi. Tidak lupa juga ia menyampaikan terima kasih kepada keluarga dan orang-orang terdekat para lulusan. “Selamat kepada Anda sekalian, sarjana baru Universitas Hamzanwadi. Terima kasih kami kepada Anda semua, orangtua, dan orang-orang terdekat yang telah mempercayakan pendidikan Anda di Universitas Hamzanwadi.”

Khirjan mengingatkan bahwa tidak mudah menjadi sarjana di masa sekarang ini. Oleh karena itu, ilmu yang diperoleh selama belajar di Universitas Hamzanwadi harus dipergunakan secara kritis. “Kompetensi akademik yang kita miliki kita gunakan secara kritis untuk menjawab permasalahan di sekitar kita, membangun relasi kita,” sarannya. “Menjadi sarjana bukanlah akhir dari perjalanan Anda. Proses belajar baru dimulai dari sekarang. Proses memahami lingkungan baru dimulai dari sekarang. Jadilah pembelajar yang baik, yang terus belajar tanpa henti.”

Dengan yudisium ini, relasi mahasiswa-perguruan tinggi telah berubah peran menjadi alumni-almamater. Menyikapi hal ini, Khirjan menghimbau kepada para peserta yudisium untuk tidak memutus hubungan yang sudah terjalin. “Sekarang Anda adalah alumni. Komunikasi antara alumni dengan almamater (Universitas Hamzanwadi, red.) harus tetap terjalin. Anda adalah mitra kami untuk meneruskan pembangunan di daerah ini.”

Mengakhiri pidatonya, Khirjan meminta maaf kepada para peserta atas apa yang sudah dialami oleh para lulusan ketika menimba ilmu di Universitas Hamzanwadi. “Mohon maaf jika ada yang kurang pantas atau kurang berkenan selama bergabung di kampus ini.” Usai sambutan Wakil Rektor I, acara berakhir dan ditutup dengan membaca doa pusaka bersama yang dipandu oleh pembawa acara, Luthfi Zain.

Dapat dirincikan lulusan FKIP kali ini berasal dari 12 program studi. Penyumbang terbanyak adalah Program Studi PGSD dengan lulusan berjumlah 85 orang, diikuti berturut-turut Program Studi Pendidikan Ekonomi (73 orang), Pendidikan Matematika (61 orang), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (49 orang), Pendidikan Sosiologi (44 orang), Pendidikan Biologi (39 orang), Pendidikan Bimbingan dan Konseling (27 orang), Pendidikan Bahasa Inggris (22 orang), Pendidikan Sejarah (16 orang), Pendidikan Geografi (12 orang), Pendidikan Fisika (8 orang), Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (4 orang), dan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (1 orang). Jika tidak mengalami kendala berarti, dijadwalkan wisuda akan dilaksanakan pada tanggal 25 November 2017 mendatang. (*)