Pancor – (FKIP) FKIP Universitas Hamzanwadi dan Fakultas Ilmu Pendidikan  Universitas Negeri Yogyakarta (FIP UNY) bersepakat meneken nota kesepahaman (MoU) antara kedua institusi di bidang tri dharma perguruan tinggi dalam pertemuan di Ruang Rapat Rektorat Universitas Hamzanwadi, Sabtu (28/10) lalu.

Kesepakatan bernomor 167/UH.FKIP/X/2017 dan 2399/UN34.11/TU/2017 itu dimaksudkan untuk mengembangkan kompetensi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta membina hubungan kelembagaan kedua belah pihak dalam melaksanakan fungsi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuannya agar kemampuan masing-masing pihak dalam melaksanakan, mengembangkan, dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui tri dharma perguruan tinggi bisa dipadukan.

Disebutkan dalam nota kesepahaman yang diteken oleh Dekan FKIP, Abdullah Muzakkar, M.Si. dan Dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd. itu, kerja sama di bidang pendidikan meliputi empat aspek, yaitu (a) pengembangan sumber daya manusia, (b) peninjauan kurikulum dengan melibatkan tenaga ahli dari kedua belah pihak untuk jurusan/program studi yang sesuai, (c) tatakelola fakultas dan program studi yang sesuai, dan (d) bentuk kerja sama lainnya dalam bidang pendidikan. Sementara itu, di bidang penelitian dan publikasi, disepakati (a) kolaborasi penelitian dosen pada skema hibah Kemenristekdikti dengan skema yang sesuai bidang dan jurusan/program studi kedua belah pihak berdasarkan buku panduan resmi yang dikeluarkan Kemenristekdikti, (b) menjalin kerja sama dalam diseminasi hasil penelitian dari kedua belah pihak, (c) kerja sama publikasi karya ilmiah pada jurnal yang dikelola oleh masing-masing pihak sesuai bidang dan jurusan /program studi dengan memberikan prioritas pada karya dosen dari kedua belah pihak yang memenuhi persyaratan publikasi pada jurnal terkait, dan (d) bentuk kerja sama lainnya dalam bidang penelitian dan publikasi.

Pertemuan ini sendiri sebagai respons FKIP untuk menindaklanjuti surat dari pihak FIP UNY nomor 2360/UN34.11/TU/2017 tertanggal 23 Oktober 2017 tentang kunjungan untuk mendiseminasikan hasil penelitian ke FKIP Universitas Hamzanwadi. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh civitas akademika dari kedua belah pihak itulah disepakati beberapa kesepakatan untuk bekerja sama. Perjanjian ini direncanakan berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Menyikapi kerja sama ini, Dekan FKIP, Abdullah Muzakkar, M.Si. sangat setuju atas kerja sama antara kedua pihak. “Kerja sama ini adalah bentuk dan ikhtiar saya (Dekan FKIP, red.) untuk membesarkan FKIP Universitas Hamzanwadi. Sebab, konsekuensi dari era keterbukaan saat ini, setiap kita mau berkembang maka upaya kerja sama dan kolaborasi dengan semua pihak harus dilakukan. Salah satunya dengan UNY yang kita ketahui memiliki record yang panjang sebagai kampus terdepan di Indonesia,” katanya.

Terjalinnya kerja sama ini menjadi penanda harmonisnya hubungan antara kedua kampus. Sebelumnya, Universitas Hamzanwadi sudah pernah bekerja sama dengan UNY dalam hal pelatihan PEKERTI, studi pascasarjana bagi dosen-dosen Universitas Hamzanwadi, dan magang karyawan. Ke depannya, diharapkan akan terus terjalin kerja sama yang lebih baik lagi. (*)

Keterangan Foto:

Atas: Para peserta yang terdiri dari dosen Universitas Hamzanwadi dan Universitas Negeri Yogyakarta duduk mendengarkan pemaparan dari para pembicara.

Bawah: Duduk berurutan dari kanan ke kiri, Wakil Rektor I Universitas Hamzanwadi, Dr. H. Khirjan Nahdi, M.Hum., Dekan FIP Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Haryanto, M.Pd., dan Dekan FKIP Universitas Hamzanwadi, Abdullah Muzakkar, M.Si.