FKIP Universitas Hamzanwadi merupakan LPTK yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi sumber daya manusia pendidikan, khususnya calon guru yang memiliki daya saing dengan kapasitas budaya santri. FKIP Universitas Hamzanwadi secara resmi terbentuk setelah SK Nomor: 428/KPT/I/2016 tentang Penggabungan STKIP Hamzanwadi dan STT Hamzanwadi menjadi Universitas Hamzanwadi terbit per tanggal 23 September 2016.

Dalam periode sejarahnya, FKIP Universitas Hamzanwadi mengalami fase perkembangan yang panjang. Inisiasinya dimulai dengan penerbitan SK Nomor 023/A.X/P.41/1978 tanggal 1 Januari 1978, yang dikukuhkan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Hamzanwadi dengan SK Nomor 11/Kpt./C/YPH/1982 untuk pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STIP) Hamzanwadi Selong. STIP Hamzanwadi Selong memperoleh status Terdaftar pada tanggal 18 Agustus 1984 berdasarkan SK Mendikbud RI Nomor 0379/1984 untuk satu jurusan, yakni Jurusan Ilmu Pendidikan dengan Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (sekarang program studi Bimbingan dan Konseling). Pada fase berikutnya, STIP Hamzanwadi Selong berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzanwadi Selong.

Sebagai upaya memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan (guru) bidang ilmu MIPA, IPS, dan Bahasa sebagai antisipasi dampak globalisasi, pada tahun 1987, STKIP Hamzanwadi Selong membuka tiga jurusan baru dengan lima program studi, yakni: (1) Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA) dengan  program studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi; (2) Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) dengan program studi   Pendidikan Sejarah; dan (3) Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (PBS) dengan Program Studi Pendidikan Bahasa dan  Sastra Indonesia dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Semua Jurusan dengan program studi tersebut adalah untuk jenjang diploma tiga (D3), dengan status Terdaftar pada  Ditjen Dikti Depdikbud RI tahun 1990, dan berkembang menjadi jenjang Sarjana atau Strata Satu (Sl)   pada 1994. Selanjutnya, pada Tahun Akademik 2004-2005 terbit izin penyelenggaraan dari Ditjen Dikti Depdiknas RI untuk empat program studi yang diusulkan yakni, program studi Pendidikan Fisika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi dan Pendidikan Sosiologi. Pada September 2007, telah terbit izin penyelenggaran program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang S-1. Dengan demikian, sampai akhir 2007, STKIP Hamzanwadi Selong telah mengembangkan empat Jurusan dengan 11 program studi.

Dalam perkembangan ke depan, STKIP Hamzanwadi Selong dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perguruan tinggi negeri. Untuk itu, STKIP Hamzanwadi Selong berupaya meningkatkan statusnya dari belum terakreditasi pada 1999 menjadi Terakreditasi pada 2000. Pada 2006 dan 2011 telah dilakukan akreditasi ulang untuk seluruh program studi. STKIP Hamzanwadi Selong terus berupaya untuk mengembangkan diri, baik dari segi peningkatan statusnya maupun dari segi peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya. Hal ini sejalan dengan tuntutan perkembangan zaman dan pembangunan di tingkat lokal, regional dan global. Pada tahun 2013, keluar izin operasi untuk empat program studi baru, yaitu Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Program Studi Pendidikan Informatika, dan Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik. Sehingga sampai dengan Agustus 2016, STKIP Hamzanwadi Selong telah memiliki empat jurusan dengan 15 program studi.

Usaha untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing institusi membuat STKIP Hamzanwadi Selong mengupayakan alih status dari Sekolah Tinggi ke Universitas. Upaya itu dilakukan dengan cara menggabungkan (merger) institusi STKIP Hamzanwadi Selong dengan STT Hamzanwadi Selong menjadi Universitas Hamzanwadi. Akhirnya, setelah SK alih status menjadi Universitas diberikan, bersama itu STKIP Hamzanwadi Selong menjadi tidak ada lagi. Universitas Hamzanwadi kemudian mengubah struktur unit kerja dengan menangungi empat buah fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (yang sebelumnya adalah STKIP Hamzanwadi Selong), Fakultas Teknik (yang sebelumnya adalah STT Hamzanwadi Selong), Fakultas Kesehatan, dan Fakultas MIPA.

Khusus mengenai FKIP Universitas Hamzanwadi, tidak terjadi perubahan signifikan dalam hal tugas penyelenggaraan satuan pendidikannya. FKIP Universitas Hamzanwadi masih menaungi empat buah jurusan, yaitu Jurusan Ilmu Pendidikan (IP) yang terdiri dari (1) PS Pendidikan Bimbingan dan Konseling; (2) PS Pendidikan Guru Sekolah Dasar; dan (3) PS Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) yang terdiri dari (1) PS Pendidikan Sosiologi; (2) PS Pendidikan Ekonomi; (3) PS Pendidikan Sejarah; dan (4) PS Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA) yang terdiri dari (1) PS Pendidikan Matematika; (2) PS Pendidikan Fisika; (3) PS Pendidikan Biologi; (4) PS Pendidikan Informatika, dan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (PBS) yang terdiri dari (1) PS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; (2) PS Pendidikan Bahasa Inggris; dan (3) PS Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik.